Pacitan KontroversiNews - Fasilitas kesehatan merupakan suatu lembaga atau tempat pelayanan umum yang sangat vital keberadaanya. Untuk itu kwalitas dan standart pelayanan harus benar benar prima dan handal. Baik dari sisi pelayanan normal sampai dengan tindakan yang memerlukan waktu singkat atau kedaruratan.
Untuk mengetahui seberapa tinggi kwalitas dan capain kinerja para tenaga kesehatan dalam melayani para pasien rawat jalan, direktur RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan melakukan dialog langsung dengn para pasien rawat jalan yang berada di beberapa layanan poli, "Sengaja saya secara diam-diam turun langsung menemui para pasien yang sedang menjalani rawat jalan di beberapa poli. Bukan saya tidak percaya kepada petugas dan para tenaga kesehatan yang sedang bertugas. Lebih dari itu kami ingin mamastikan standart pelayanan yang kami berikan sudah sesuai dengan SOP. Sehingga kami akan tahu tingkat kepuasan pasien atas pelayanan kami.Dan juga kami ingin tahu respon time dari para petugas,mulai dari satpam, tenaga kesehatan sampai si poli farmasi kita pantau langsung. Alhamdulillah sejauh pemantauan kami hari ini semua sudah sesuai harapan kami. Namun kami juga belum merasa puas sebelum semua berjalan tanpa kendala.Tetapi saat ini meskipun pada jam jam krusial terjadi antrian yang panjang, namun semua dapat ditangani, karena semua pasien rawat jalan sampai pukul 15.00 wib, semua sudah bisa dilayani " jelas dr.Iman Darmawan, M.Kes direktur RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan 10/06/2024.
Langkah dr. Iman Darmawan perlu diacungi jempol, karena dengan sidak (inspeksi mendadak) ke beberapa intalasi poli rawat jalan , semua kendala bisa dipantau langsung dan akan segera bisa diatasi.
Dalam kesempatan tersebut dr. Iman Darmawan berdialog langsung dengan salah seorang pasien berinisial "S"berasal dari kecamatan Pringkuku yang baru saja berkunjung ke poli bedah dan pasien tersebut merasa puas atas layanan yang diberikan, " Saya tadi datang sekitar pukul 07.00 wib, setelah pinjer saja mengambil nomor antrian dan tidak sampai 1 jam saya mendapat layanan di poli bedah. Petugas yang melayani juga ramah ramah terlebih dokternya sangat sabar" kata S pada awak media sesat setelah berdialog dengan dr.Iman Darmawan.
Langkah management RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan pelayanan kepada pasien tidak lepas dari arahan dan bimbingan dinas kesehatan Kabupaten Pacitan.Sesui visi misi bupati Pacitan Indrata Nur Batuaji, sejahtera bersama rakyat, " Kita akan wujudkan masyarakat Pacitan yang sehat dan sejahtera, kami mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk langkah kami dalam meningkatkan pelayanan RSUD dr Darsono Kabupaten Pacitan.".pungkas dr. Iman Darmawan 10/06/2024.(M.Gandul/Kris).